Senin, 02 Desember 2013

Sistem Antrian berbasis komputerisasi dengan playback voice otomatis



Sistem antrian merupakan sistem manajemen  antrian yang mempunyai fungsi untuk mengatur dan memanage antrian menjadi nyaman dan teratur.  Dengan berkembangnya teknologi saat ini sangat memungkinkan mengimplementasikan sistem antrian dengan dukungan teknologi baik teknologi komputerisasi, pemrograman dan android.  Sistem antrian berbasis komputerisasi  cocok diterapkan di instansi yang sudah terdapat jaringan LAN dan komputer client sebagai media client-server. Pelayanan yang sudah terintegrasi dengan komputer dan LAN akan memudahkan sistem antrian ini bekerja. Penggunaan aplikasi virtual pemanggil antrian dapat dipasang pada komputer client yang dilengkapi dengan fitur call, recall, spesial call, dan daftar antrian yang sedang menunggu.

sistem-antrian


Sistem antrian ini lebih mudah perawatannya sehingga teknisi ataupun IT support di kantor dapat dilibatkan dalam pemeliharaan jaringan dan sistem antrian yang ada. Sistem antrian dilengkapi dengan fitur  web report sebagai media penyimpan laporan sistem antrian. Fitur ini berfungsi sebagai alat pengendali atau monitoring terhadap pelayanan antrian. Dalam web report dapat diketahui waktu login, waktu pelayanan, waktu menunggu, serta KPI pelayanan, sehingga manajemen dapat mengevaluasi kinerja operator pelayanan sesuai dengan harapan perusahaan yang mengedepankan  kepuasan pelanggan.

Sistem antrian sebagai penunjang kepuasan pelanggan diharapkan akan memberikan pengalaman baru kepada pelanggan dalam menunggu, sehingga  dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dalam menggunakan produk/jasa  perusahaan/instansi. Kepuasan pelanggan dalam mengantri diharapkan dapat meningkatkan penjualan perusahaan dan masalah antrian makin nyaman, adil dan memuaskan.