Sistem antrian merupakan sistem
manajemen antrian yang mempunyai fungsi
untuk mengatur dan memanage antrian menjadi nyaman dan teratur. Dengan berkembangnya teknologi saat ini sangat
memungkinkan mengimplementasikan sistem antrian dengan dukungan teknologi baik
teknologi komputerisasi, pemrograman dan android. Sistem antrian berbasis komputerisasi cocok diterapkan di instansi yang sudah
terdapat jaringan LAN dan komputer client sebagai media client-server.
Pelayanan yang sudah terintegrasi dengan komputer dan LAN akan memudahkan
sistem antrian ini bekerja. Penggunaan aplikasi virtual pemanggil antrian dapat
dipasang pada komputer client yang dilengkapi dengan fitur call, recall,
spesial call, dan daftar antrian yang sedang menunggu.
Sistem antrian ini lebih mudah
perawatannya sehingga teknisi ataupun IT support di kantor dapat dilibatkan
dalam pemeliharaan jaringan dan sistem antrian yang ada. Sistem antrian
dilengkapi dengan fitur web report
sebagai media penyimpan laporan sistem antrian. Fitur ini berfungsi sebagai
alat pengendali atau monitoring terhadap pelayanan antrian. Dalam web report
dapat diketahui waktu login, waktu pelayanan, waktu menunggu, serta KPI
pelayanan, sehingga manajemen dapat mengevaluasi kinerja operator pelayanan
sesuai dengan harapan perusahaan yang mengedepankan kepuasan pelanggan.
Sistem antrian sebagai penunjang
kepuasan pelanggan diharapkan akan memberikan pengalaman baru kepada pelanggan
dalam menunggu, sehingga dapat
meningkatkan loyalitas pelanggan dalam menggunakan produk/jasa perusahaan/instansi. Kepuasan pelanggan dalam
mengantri diharapkan dapat meningkatkan penjualan perusahaan dan masalah
antrian makin nyaman, adil dan memuaskan.