Selasa, 21 Februari 2017

4 Model Struktur Antrian Dasar Yang Sering Digunakan

Sistem antrian memiliki struktur dasar sebagai acuan untuk memberikan solusi antrian yang tepat. Jenis pelayanan yang kita terapkan cocoknya pakai model yang mana. Berikut ini saya akan membahas tentang 4 model dasar sistem antrian yang sudah umum, yaitu :

1. Single Channel – Single Phase
Single Channel berarti hanya ada satu jalur yang memasuki system pelayanan atau ada satu fasilitas pelayanan. Single Phase berarti hanya ada satu pelayanan.




2. Single Channel – Multi Phase
Istilah Multi Phase menunjukkan ada dua atau lebih pelayanan yang dilaksanakan secara berurutan (dalam phasephase). Sebagai contoh : pencucian mobil.




3. Multi Channel – Single Phase
Sistem Multi Channel – Single Phase terjadi kapan saja di mana ada dua atau lebih fasilitas pelayanan dialiri oleh antrian tunggal, sebagai contoh model ini adalah antrian pada teller sebuah bank.



4. Multi Channel – Multi Phase
Sistem Multi Channel – Multi Phase Sebagai contoh, herregistrasi para mahasiswa di universitas, pelayanan kepada pasien di rumah sakit mulai dari pendaftaran, diagnosa, penyembuhan sampai pembayaran. Setiap sistem – sistem ini mempunyai beberapa fasilitas pelayanan pada setiap tahapnya (Subagyo, 2000).


Keempat model dasar sistem antrian tersebut diatas, memiliki disiplin antrian yaitu FCFS ( First Come First Serve ), artinya orang yang datang pertama dilayani pertama juga. Tujuan utama solusi antrian adalah tercapainya kedisiplinan antrian pelayanan yang diterapkan sehingga tercapai kepuasan pelayanan pelanggan. 

Sebelum Anda memilih type sistem mesin antrian yang Anda gunakan, terlebih dahulu Anda perlu paham dengan alur manajemen pelanggan ( Customer Flow Management ) pada pelayanan Anda. Jika sudah memahami alur kerja pelayanan Anda selanjutnya mudah untuk menentukan solusi mesin antrian yang tepat guna dengan harga mesin antrian yang terjangkau. 

Perlu Anda ingat juga layanan purna jual penyedia mesin antrian untuk memastikan mesin antrian yang Anda beli memiliki garansi hardware dan software. Konsultasikan kebutuhan sistem mesin antrian Anda dengan nomor INDOSAT 0857-3606-8227 atau telp kantor Alatantrian.com (0341)-496497 dengan alamat Ruko Permata Griyashanta NR. 24-25, Jalan Soekarno-Hatta Malang 65142. Kami siap melayani Anda, kepuasan Anda prestasi bagi kami.