Sabtu, 16 Januari 2016

Antrean Mengular, Kantor Imigrasi Hapus Sistem Kuota




ruang_tunggu_antrean

Antrean pembuatan paspor yang mengular saban hari di Kantor Imigrasi Mlang, membuat pihak imigrasi mengubah sistem. Sistem yang diubah adalah digantinya sistem kuota menjadi sistem pembatasan waktu. Disebut sistem pembatasan waktu karena imigrasi setiap harinya memberlakukan pengambilan nomor antrean dari pukul 07.30 hingga 10.00. Jadi, berapapun jumlah orang yang mengambil nomorantrean diwaktu tersebut, maka akan tetap dilayani pada hari itu juga oleh petugas imigrasi. Sedangkan untuk sistem kuota yang diterapkan sebelumnya, setiap hari imigrasi menjatah 35 orang untuk paspor manual, dan 55 untuk paspor online. Dengan perubahan sistem ini, kemungkinan orang yang dilayani dalam pembuatan paspor bisa lebih banyak.

antrean paspor


Kasubsi Komunikasi Kantor Imigrasi Malang Bustomi Wibowo mengatakan, perubahan sistem pelayanan ini sudah berlaaku sejak senin(14/1) lalu. “ Dengan adanya sistem ini, berapapun jumlahnya, asal mengambil nomor antrean dijam tersebut, tetap akan dilayani”, kata Bustomi Wibowo kepada Jawa Pos Radar Malang Kmais (14/1) lalu. Selanjutnya Bustomi mengatakan kalau aturan baru tersebut sudah sesuai edaran Dirjen Keimigrasian dalam upaya mewujudkan pelayanan maksimal kepada pemohon. Surat Dirjen tersebut bernomor IMI-GR 01 01-0047 tahun 2016 tentang Antrean Pelayanan Paspor Republik Indonesia. “ Perubahan sistem antrean itu merespon keluhan dan masukan masyarakat”, tambahnya. Sumber: Jawa Pos Radar Malang Sabtu: 16 Januari 2016 Hal:36.

Solusi Antrean :
Antrean customer service untuk pengecekan kelengkapan dokumen yang terpisah dengan antrean pelayanan paspor membuat antrean imigrasi mengular setiap harinya mulai pukul 07.30 - 10.00, bahkan masyarakat rela antri dateng jam 05.00 untuk antri di customer care. Dalam hal ini pengecekan dokumen bisa dibuatkan antrean tersendiri dengan menyediakan mesin antrean untuk pengecekan dokumen yang terdiri dari: mesin pencetak nomor antrian, tombol pemanggil, speaker aktif, cpu dan software antrean, master display dan TV LED 42 inch. Melihat ruang customer care yang terbatas dan tidak dapat menampung ruang tunggu massyarakat makan dapat disediakan bangku diluar untuk pengantri, sehingga masyarakat tidak mengantri panjang diluar sampai ruang kantin. Pengantri ini ini segala usia, ada anak-anak, pelajar, professional, orang tua lanjut usia, dll. Dengan penambahan Ruang tunggu dan layanan mesin antrean semoga dapat memberikan solusi masalah antrean di Kantor Imigrasi.