Selasa, 20 Agustus 2013

Sistem Antrian Apotik Menggunakan Mesin Antrian Otomatis


antrian-apotik

Sistem Antrian diperlukan untuk menunjang pelayanan sehingga tercapai tujuan kepuasan pelayanan pelanggan. Penerapan system antrian salah satunya dapat diterapkan di instalasi farmasi atau apotik, seperti apotik umum, apotik rumah sakit, ataupun apotik klinik. Dengan system antrian akan memudahkan antrian pelanggan di apotik secara tertib dan teratur sehingga pelanggan tidak saling berebut. Kebutuhan system antrian apotik cukup sederhana tergantung kebutuhan Anda dalam implementasi dalam memberikan pelayanan antrian yang nyaman dan tertib. Tentu saja semua disesuaikan dengan budget Anda dalam pengadaan system antrian ini.


Alur-Antrian Apotik




Alur system antrian pelayanan resep pasien umum :
  1. Pasien menyerahkan resep kepada petugas farmasi
  2. Petugas farmasi memberi nomor antrian kepada pasien sesuai jenis resep racikan/non racikan dan mencatat nomor antrian pada kertas resep.
  3. Petugas farmasi membaca resep dan memberi harga pada blanko harga obat dan menyerahkan kepada pasien
  4. Pasien membayar obat di kasir dan kembali ke apotik dengan membawa bukti pembayaran dari kasir.
  5. Petugas farmasi menyiapkan obat sesuai resep
  6. Jika ada obat yang kosong petugas farmasi memberikan copy resep
  7. Petugas farmasi menyerahkan obat kepada pasien disertai dengan informasi penggunaan obat.
  8. Pasien pulang.



Mesin antrian otomatis  dilengkapi dengan modul suara panggilan otomatis menggunakan suara manusia yang merdu, web report untuk laporan kegiatan antrian apotik sebagai monitoring dan evaluasi terhadap pelayanan apotik. Untuk menambah kenyamanan di ruang tunggu pasien dapat dikombinasikan dengan TV LCD/LED yang dapat menampilkan panel antrian untuk informasi antrian apotik, TV, Video, Slideshow, picture, running text. 

System antrian apotik dapat diintegrasikan juga dengan feedback customer panel atau alat survey kepuasan pelanggan di loket penyerahan obat. Ketika petugas farmasi menyerahkan obat pelanggan dapat dimintakan partisipasinya untuk menekan alat survey kepuasan pelanggan yang terdiri dari 3 tombol yaitu: sangat puas, puas, atau tidak puas. Selanjutnya data akan disimpan dalam database yang dapat diakses via web report. Manajemen atau kepala instalasi farmasi dapat melihat hasil kepuasan pelayanan apotik terhadap pelanggan, sehingga ke depan kualitas kepuasan pelayanan yang memuaskan dapat terus dipertahankan. 

Anda ingin mengimplentasikan system antrian apotik di instansi Anda, saya rekomendasikan untuk menggunakan Mesin Antrian Otomatis, informasi silahkan hubungi Bp. Andik Purnomo No Hp 0857 3606 8227 atau email: mesinantriansurabaya@yahoo.com.